Beranda / Financial

Tips Mengelola Keuangan Secara Tepat ala Millenial

8 February 2020

Usia 20-30 tahun bisa digolongkan sebagai generasi millenial. Generasi yang memberikan pengaruh besar pada perkembangan dunia ini tidak serta merta mampu bertindak secara produktif. Sekalipun generasi ini dianggap memiliki peran penting, namun di balik itu semua banyak sekali anak muda zaman now yang gagal dalam melakukan perencanaan keuangan.

Kegagalan generasi zaman now dalam melakukan pengelolaan keuangan di masa muda lebih disebabkan oleh prestise yang muncul dari diri sendiri dan lingkungan sekitar. Mereka cenderung berusaha mengikuti trend selama mereka bisa menjangkau perkembangan tren tersebut. Tidak mengherankan jika sebagian besar hidup mereka disibukkan dengan kegiatan belanja yang bisa dikatakan terkadang apa yang dibeli tidak sesuai dengan kebutuhan.

Sekalipun demikian, tidak serta merta seseorang bisa memberikan label negative terhadap generasi millenial atas sikapnya yang cenderung konsumtif. Banyak generasi muda di luar sana yang sangat produktif untuk senantiasa memikirkan masa depan dengan mengelola finansial secara baik.

 

Prinsip pengelolaan keuangan ala millenial

Sebagai bentuk cara untuk menepis anggapan bahwa millenial sangat identik dengan kehidupan yang glamor dan mengedepankan status sosial di mata masyarakat, kini saatnya Kamu yang notabene masuk sebagai generasi muda harus cerdas dalam mengelola fiansial. Untuk itu, berikut ini beberapa prinsip pengelolaan finansialmu yang pastinya akan membuatmu memiliki kondisi finansial yang stabil di hari tua.

  1. Pastikan Kamu selalu menamankan sikap konsisten dalam diri. Dalam hal ini, konsistensi yang kuat untuk melakukan pengelolaan keuangan dengan mengedepankan skala prioritas akan membuat Kamu tidak lagi terjerat dalam masalah finansial
  2. Buatlah sebuah pembukuan sederhana sebagai cara untuk mengevaluasi pengeluaran di setiap bulan sehingga Kamu bisa memanajemen keuangan dengan baik.
  3. Tanamkan kebiasaan untuk tetap berhemat. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan Kamu tidak bisa memanjakan diri. Pastikan untuk memanjakan diri sewajarnya tanpa membuat kondisi finansialmu bobrok.

 

Tujuan mengelola keuangan

Tindakan manajemen finansial dilakukan oleh sebagian besar millenial bukan tanpa alasan. Mereka memiliki tujuan tersendiri mengapa mereka harus cerdas dalam mengatur segala pengeluaran. Berikut ini beberapa tujuan yang kerap kali terdengar dari kalangan generasi muda sekarang.

  1. Pengelolaan finansial nantinya akan membantu untuk mempersiapkan modal di masa depan. Dalam hal ini, seseorang bisa mencoba keberuntungan dengan menjalankan usaha ataupun sejenisnya
  2. Pengelolaan juga dilakukan sebagai bentuk persiapan jangka panjang atas berbagai kebutuhan yang jauh lebih penting dibandingkan hanya sebatas hidup hura-hura
  3. Menghindari adanya kondisi buruk finansial di saat muncul berbagai kebutuhan yang sifatnya mendadak ataupun darurat

 

Cara jitu mengelola keuangan

Buat Kamu yang merasa masuk generasi zaman now dan masih santai dengan kondisi keuanganmu saat ini, kini saatnya Kamu mencoba untuk belajar mengatur keuanganmu sejak dini. Untuk lebih tepatnya, berikut beberapa langkah mudah yang bisa Kamu lakukan.

  1. Lakukan investasi untuk masa depan dengan memiliki salah satu ragam investasi yang menguntungkan dan anti penipuan
  2. Pastikan memeriksa kondisi finansial di buku rekening secara berkala sehingga Kamu bisa mengatur pengeluaran setiap bulan
  3. Kurangi kebiasaan untuk menggunakan kartu kredit karena hal ini akan membuat Kamu semakin boros
  4. Carilah berbagai penghasilan tambahan yang pastinya akan menjadi pemasukanmu jugaMenjadi generasi millenial tidak serta merta harus hidup dalam kemewahan yang mengedepankan rasa gengsi. Agar lebih bijak, seorang generasi zaman now harus mempertimbangkan berbagai kemungkinan di masa depan terkait dengan kondisi finansialnya. Jika mereka gagal dalam mengatur finansial, sudah pasti mereka akan mendapati permasalahan finansial di akhir kelak.