Beranda / Lifestyle

Catat Ini! 5 Hal Penting Saat Beli Mobil Bekas.

8 April 2022

Pada saat kita sudah berencana membeli sebuah mobil, pastinya kita sudah menyiapkan anggarannya. Namun mungkin kita masih bingung, mau beli mobil bekas atau baru. Membeli mobil bekas atau baru, masing-masing ada plus minusnya. Di satu sisi mobil bekas lebih baik, di sisi lain mobil baru lebih baik. Tegantung dari sudut mana kita memandang.

Dari segi harga beli, jelas dan pasti harga mobil baru lebih mahal dari mobil bekas. Sedangkan dari harga jual, harga jual mobil bekas relatif  lebih stabil, bahkan seringkali menjadi untung ketika dijual Kembali. Bila sahabat menjadikan membeli mobil bekas sebagai opsi utama, ada baiknya perhatikan hal berikut:

1. Survey Langsung Ke Penjual.
Sahabat bisa melakukan pencarian mobil secara online di berbagai website atau situs jual beli. Pilihlah mobil yang berlokasi di tempat yang bisa Sahabat datangi. Hal ini bertujuan agar Sahabat bisa melihat mobilnya secara langsung.

2. Cek Kelengkapan Dokumen.
Agar terhindar masalah di kemudian hari, surat-surat mobil yang akan dibeli harus lengkap. Periksa pembayaran pajak, STNK, dan BPKB. Pastikan dokumen-dokumen tersebut sesuai dengan unit.

3. Cek Fisik Mobil.
Cek kondisi mobil, interior dan exteriornya. Perhatikan seluruh detailnya, apakah sesuai dengan harga yang ditawarkan. Jangan terburu-buru, cek fisik mobil tidak bisa kita lihat secara sekilas. Bila memungkinkan, ajaklah seorang montir untuk membantu Sahabat.

4. Periksa Catatan Servis.
Apakah unit rutin diservis secara berkala?. Pemeriksaan terhadap pencatatan servis bertujuan untuk memperkirakan kondisi mobil, sehingga sahabat bisa mendeteksi resiko yang akan terjadi di kemudian hari dan dapat mengkalkulasikan perkiraaan biaya servis mobil tersebut.

5. Test Drive.
Agar sahabat tidak kecolongan, Sahabat sebaiknya melakukan uji kendaraan secara langsung (test drive). Jalankan mobil tersebut. Cobalah di berbagai medan, apakah mobil tersebut nyaman dikendarai atau malah terjadi masalah.

Apabila Sahabat sudah deal dengan penjual mobil, Sahabat bisa bertransaki melalui Kresya Autos. Kresya Autos adalah program pembiayaan mobil dengan akad syariah. Tanpa bunga, tanpa denda, dan tanpa sita. Insyaallah Sahabat bisa miliki mobil impian tanpa harus menanggung dosa riba. Untuk informasi detailnya, silakan kunjungi halaman Kresya Autos sekarang.