Beranda / Financial

6 Tanda Keuanganmu Sejahtera, Cek disini yuk!

16 April 2019

Investasi merupakan strategi yang penting di dalam perencanaan finansial untuk mencapai tujuan finansial. Namun, tanpa adanya investment capability atau kapasitas berinvestasi maka seseorang pada umumnya tidak memiliki dana yang lebih untuk diinvestasikan. Sebagai seorang investor, seseorang seharusnya memang mempunyai kondisi finansial yang sejahtera.

Berikut ini 6 tanda keuangan anda dalam kondisi yang sejahtera!

 

Jumlah cicilan kredit apartemen atau perumahan

Umumnya batasan maksimal yang tergolong ideal untuk pembayaran angsuran pinjaman apartemen adalah 25% dari jumlah pendapatan anda. Alokasi ini dihitung dari seluruh saldo angsuran apartemen yang anda miliki. Cara untuk menghitungnya adalah dengan ciclilan KPA atau KPR bulanan yang dibayar dijumlahkan lalu hasilnya dibagi dengan jumlah gaji yang diterima.

Misalnya jika pendapatan anda Rp30 juta setiap bulan, maka idealnya anda mampu membayar angsuran maksimal Rp 7.5 juta setiap bulan. Anda harus berwaspada terhadap kondisi finansial anda jika jumlah angsuran yang anda bayarkan untuk cicilan apartemen atau perumahan yang harus dibayarkan lebih dari 25% jumlah pendapatan yang Anda terima.

Saldo utang lain misalnya utang kartu kredit

Disarankan bagi anda untuk tidak memiliki utang kartu kredit per bulan dengan melunasi tagihan ketika jatuh tempo. Akan tetapi, jika anda masih mempunyai angsuran untuk membayar debit atau kartu kredit maka idealnya jumlah yang Anda bayarkan tidak  melebihi 10% jumlah gaji bulanan anda.

Dana darurat pada rekening terpisah

Meskipun kondisi ataupun status rumah tangga masing-masing orang pasti berbeda, namun setiap keluarga wajib untuk memiliki dana darurat. Umumnya jumlah dana darurat minimal 3x dari pengeluaran rutin yang dihabiskan setiap bulannya.

Mempunyai perlindungan kesehatan, jiwa dan asset pribadi

Asuransi merupakan produk finansial yang dapat memberikan fungsi perlindungan terhadap kondisi finansial rumah tangga. Seharusnya seluruh anggota keluarga mempunyai asuransi kesehatan karena mungkin saja resiko penyakit menimpa siapa saja tanpa disangka-sangka. Hal tersebut pun tentunya memicu kondisi finansial keluarga.

Apabila seseorang memiliki tanggungan misalnya pasangan dan anak, maka selayaknya asuransi jiwa yang murni dimiliki mereka yang mampunyai tanggungan saja. Jika terdapat aset lain misalnya mobil atau rumah, maka asset tersebut selayaknya juga diberikan perlindungan dengan produk proteksi.

Mempunyai saldo uang pensiun yang memadai

Persiapan dana untuk hari tua merupakan tanggung jawab semua orang. Investasi sebagai dana pensiun tidak hanya bisa dilakukan dengan menabung saja. Namun Anda bisa mempersiapkan dana masa depan dengan melakukan investasi yang Anda yakini aman. Dengan melakukan investasi yang aman Anda akan memperoleh keuntungan yang bisa digunakan saat Anda sudah pensiun dari pekerjaan.

Aset investasi terdiversifikasi

Berapa jumlah aset investasi dalam sebuah rumah tangga? Finansial yang sehat seharusnya mempunyai aset investasi yang tersebad dalam berbagai jenis kelas. Misalnya apabila seseorang dengan profil moderat mempunyai aset investasi sekitar Rp 100 juta, setidaknya uang sebesar Rp 25 jt disimpan dalam deposito dan uang Rp 25 jt disimpan di reksadana campuran.

 

demikian 6 tanda bahwa keuangan Anda dalam kondisi yang sejahtera. Memiliki kondisi finansial yang sehat merupakan impian semua orang, terutama untuk menyongsong masa depan yang bahagia. Namun impian tersebut harus diraih dengan niat dan tekat yang kuat untuk menyisihkan sedikit demi sedikit penghasilan Anda untuk disimpan demi hari tua.