Beranda / Lifestyle

4 Kebiasaan Yang Bikin Boros Di Akhir Bulan

8 August 2019

Tanggal muda memang dinanti oleh semua orang. Pasalnya, pada tanggal tersebut setiap orang akan mendapatkan sejumlah gaji dari tempat dia bekerja. Setelah menerima uang gaji setiap bulannya, setiap orang akan berusaha melakukan manajemen keuangan dengan baik. Sayangnya, kebiasaan tersebut hanya dilakukan oleh segelintir orang saja dan tidak sedikit dari mereka yang memiliki kebiasaan hura-hura.

Munculnya kebiasaan tersebut pada dasarnya dipengaruhi oleh gaya hidup dan lingkungan. Mereka yang bergaul dengan kawan yang mengedepankan kehidupan glamour cenderung akan ikut menjalani pola hidup tersebut sekalipun pada akhirnya membuat orang yang bersangkutan merugi. Jika sudah demikian, maka seseorang akan menyesal di setiap akhir atau bahkan masih di pertengahan bulan. Tentu saja hal ini disebabkan oleh keuangan mereka yang amburadul.

Jika sudah demikian, penyesalan atas hidup boros menjadi hal yang kerap kali terdengar dan kalimat pengandaian pun akan sering dilontarkan oleh mereka yang gagal memanajamen keuangan dengan baik.

Sayangnya, kondisi tersebut tidak bisa lagi diperbaiki saat semuanya sudah hilang. Anehnya lagi, perilaku untuk hidup jauh dari kata hemat tersebut kembali terulang saat seseorang mendapati segepok uang atas gaji mereka di awal bulan.

 

Berbagai Pengeluaran Gaya Hidup Boros

Perlu diketahui bersamanya bahwasannya ada banyak sekali kebiasaan buruk seseorang yang mengarah pada gaya hidup tidak hemat. Sayangnya, kondisi tersebut tidak disadari oleh orang yang bersangkutan sehingga membuat mereka sadar untuk mengdepankan kebutuhan berdasarkan skala prioritas sangat diperlukan.

Lebih lanjut, berikut beberapa gaya hidup boros yang membuat kantong kering di akhir bulan.

 

Tergoda dengan produk elektronik yang up to date

Salah satu gaya hidup tidak hemat yang kerap kali membuat keuangan membengkak adalah ketertarikan pada dunia elektronik yang selanjutnya sering kali memaksa diri untuk mendapatkan gadget ataupun sejenisnya. Seseorang dengan ketertarikan semacam itu tidak akan berpikir ulang untuk membeli produk terbaru. Yang terpenting adalah mereka bisa mendapatkan apa yang diinginkan di awal bulan.

Penggunaan kuota yang tidak terkontrol

Kebiasaan lain yang kerap kali menyebabkan seseorang kehabisan uang di saat akhir bulan telah tiba adalah penggunaan kuota internet yang berlebihan. Dalam satu bulan banyak dari mereka yang menghabiskan beberapa puluh Giga hanya untuk sosial media. Tentu saja kondisi ini akan menguras keuangan di awal bulan sehingga sudah sepatutnya untuk dialokasikan dan belajar untuk hidup hemat.

Malas untuk menabung

Jika di awal bulan seseorang gagal untuk menabung sebagian orang, sudah pasti mereka akan mendapati kekecewaan saat mengetahui kondisi keuangan di akhir bulan mengalami kemerosotan. Padahal, jika seseorang memiliki sedikit tabungan, adanya kebutuhan yang sifatnya darurat maka semua akan bisa terpenuhi dengan baik. Cara ini dilakukan untuk menghindari sifat boros.

Mengabaikan anggaran finansial per bulan

Tidak banyak yang menyadari pentingnya membuat anggaran biaya setiap bulan. Padahal, keberadaan anggaran biaya tersebut sangat membantu dalam menentukan jumlah keuangan yang keluar dan masuk sehingga manajemen keuangan atas senantiasa terkontrol. Oleh sebab itu, cobalah untuk menerapkan kebiasaan tersebut di setiap awal bulan.

 

Untuk menghindari kondisi keuangan yang hancur di akhir bulan, seseorang harus cerdas dalam melakukan manajemen keuangan. Jangan sampai Anda mendapati ketersediaan finansial yang benar-benar kosong saat kebutusan yang sifatnya mendesak muncul di akhir bulan. Oleh sebab itu, pastikan untuk menjauhi berbagai kebiasaan boros yang tersebut di atas demi kehidupan lebih baik.