Beranda / Financial

Cara Mudah Membuat Anggaran Keuangan Bulanan!

19 September 2018

Membuat anggaran merupakan langkah yang efektif untuk bisa mengetahui berapa banyak pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Melalui anggaran dana yang jelas nantinya dapat memudahkan kita untuk menstabilkan kondisi keuangan.

Disisi lain, merencanakan anggaran pendapatan dan pengeluaran dirasa cukup sulit bagi kebanyakan orang. Padahal cara ini sebenarnya tidaklah sulit. Sekarang ini banyak sekali aplikasi ataupun situs web yang bisa digunakan untuk membantu penganggaran dana bulanan.

 

Strategi Anggaran Keuangan Pribadi

Disamping itu, Anda juga bisa melakukan konsultasi langsung dengan orang yang sudah profesional dalam menangani masalah finansial. Bahkan jika berkenan, Anda juga bisa membuat spreadsheet sendiri. Dalam kesempatan kali ini kami ingin berbagai cara mudah membuat anggaran keuangan bulanan yang cukup efektif dan mudah.

 

Mulai dengan penentuan tujuan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menuliskan tujuan finansial secara terukur dan jelas. Misalnya dengan menyertakan nominal uang yang Anda targetkan beserta jangka waktunya supaya Anda bisa mengevaluasi dengan mudah.

Sebagai contohnya, misal Anda mempunyai dana darurat sebesar Rp 10 jt di akhir bulan desember 2020. Lalu nominal uang yang Anda targetkan dibagi dengan banyaknya bulan yang ada mulai dari sekarang supaya Anda mengetahui berapa target per bulannya.

Mengetahui total pendapatan bulanan

Ketika membuat anggaran finansial Anda perlu mengetahui jumlah pendapatan yang Anda peroleh setiap bulannya, baik itu dari gaji ataupun dari sumber penghasilan yang lain. Yang perlu diingat, hal yang Anda catat merupakan jumlah nominal uang yang Anda peroleh setelah dipotong pajang atau tunjangan karyawan. Ataupun keuntungan setelah dikurangi dengan biaya operasional usaha bagi pedagang, pengusaha atau freelancer.

Hitung total pengeluaran setiap bulan

Strategi selanjutnya adalah dengan menghitung berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Ketika menghitung jumlah pengeluaran setiap bulan, usahakan untuk teliti dalam menghitung pengeluaran rutin seperti keperluan belanja, uang transportasi, uang makan harian, cicilan hutang, uang pulsa dan lainya. Selain itu hitung pula pengeluaran non rutin misalnya biaya liburan dan biaya untuk cek kesehatan.

Membuat anggaran realistis

Apabila Anda sudah melakukan 3 langkah diatas, maka selanjutnya adalah dengan membuat sebuah rencana anggaran. Anda bisa melakukannya dengan mengurangi total pendapatan bulanan dengan akumulasi dari jumlah pengeluaran setiap bulan dengan target bulanan.

Apabila nilai akhir yang ditunjukkan adalah positif, hal itu berarti Anda telah mempunyai anggaran finansial yang realistis serta sesuai dengan lifestyle atau gaya hidup saat ini. Namun jika nilai akhir yang ditunjukkan adalah negatif, maka artinya Anda harus kembali mengevaluasi tujuan finansial Anda. Cek kembali pos pengeluaran serta pemasukan. Jangan sampai ada yang lengah untuk mendapatkan perhitungan yang akurat dan benar.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan kembali target uang serta selang waktu pada tujuan finansial Anda. Bisa dengan mencari sumber penghasilan lain untuk memperoleh pengasilan tambahan, intinya proses evaluasi ini bisa membantu Anda dalam membuat anggaran yang lebih realistis.

 

Demikian 4 cara mudah membuat anggaran keuangan bulanan yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol kondisi finansial agar selalu stabil dan aman. Meskipun terkesan sulit, namun banyak manfaat yang akan didapatkan dari membuat anggaran bulanan ini. Semua memang butuh perjuangan, namun ingat tidak akan ada perjuangan yang berakhirsia-sia. Pasti akan ada hasil yang membuat Anda tersenyum bahagia.